Layanan informasi belajar berbasis multimedia

Abstract

Penelitian ini berfokus pada mengembangkan media dalam rangka mendukung kegiatan layanan informasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan produk. Hasil utama dari penelitian yaitu produk multimedia yang diharapkan dapat menjadi media layanan informasi belajar untuk mendukung peningkatan prestasi belajar dilihat melalui indikator kebiasaan belajar. Media layanan informasi belajar ini diharapkan siswa memiliki kemauan untuk mengembangkan kebiasaan belajar mereka, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik sampling menggunakan random sampling atau secara acak untuk menentukan SMP untuk studi pendahuluan. Subjek penelitian merupakan guru BK di SMP Kabupaten Sukoharjo. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif untuk pelaksanaan layanan informasi dan kelayakan media layanan informasi belajar. Mengetahui kelayakan media melalui uji validitas ahli dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media layanan informasi berbasis multimedia layak digunakan oleh guru BK.

Keywords

Multimedia, Layanan Informasi, Belajar

References

  1. Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  2. Borg, W.R. & Gall, M.D. (2007). Educational Research: An Introduction(4thed). New York & London: Longman.
  3. Covey,S. (2001).The 7 Habits Of Highly Effective Teens (Arifin Saputro. Terjemahan). Jakarta: Binarupa Aksara.
  4. Covey, S. (2007).The 7 Habits Of Highly Effective People (Budijanto. Terjemahan).Jakarta: Binarupa Aksara.
  5. Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung: FIP-UPI.
  6. Mulyatiningsih, Rudi. (2004) Bimbingan Pribadi-Sosial, Belajar, Dan Karier (Petunjuk Praktik Diri Sendiri Untuk Siswa SMP Dan SMU). Jakarta: Grasindo.
  7. Nurihsan, A.J. (2009). Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagau Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  8. Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain system Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Goup.
  9. Schunk, D.H. (2012) Learning Theories An Educational Perspective (Sixth Edition). Boston: Pearson.
  10. Smaldino, S.E., Lowther, D.L., dan Russell, J.D. (2011). Instructional Technology & Media For Learning,Teknologi pembelajaran dan media untuk belajar (Arif Rahman Terjemahan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  11. Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
  12. Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  13. Slameto.(2010). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhi.Rev.Ed. Jakarta: Rineka Cipta.
  14. Suyanto, M. (2005).Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.
  15. Syah, Muhibbin. (2000) Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.Rev.Ed., Bandung: Remaja Rosdakarya.
  16. Walgito, Bimo (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

DOI : https://doi.org//174