Penelitian ini berfokus pada mengembangkan media dalam rangka mendukung kegiatan layanan informasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan produk. Hasil utama dari penelitian yaitu produk multimedia yang diharapkan dapat menjadi media layanan informasi belajar untuk mendukung peningkatan prestasi belajar dilihat melalui indikator kebiasaan belajar. Media layanan informasi belajar ini diharapkan siswa memiliki kemauan untuk mengembangkan kebiasaan belajar mereka, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik sampling menggunakan random sampling atau secara acak untuk menentukan SMP untuk studi pendahuluan. Subjek penelitian merupakan guru BK di SMP Kabupaten Sukoharjo. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif untuk pelaksanaan layanan informasi dan kelayakan media layanan informasi belajar. Mengetahui kelayakan media melalui uji validitas ahli dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media layanan informasi berbasis multimedia layak digunakan oleh guru BK.
Multimedia, Layanan Informasi, Belajar
DOI : https://doi.org//174