Upaya meningkatkan konsentrasi belajar melalui Metode Brain Gym (senam otak) pada siswa kelas X pm 1 di SMK Negeri 1 Bantul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelatihan Senam Otak atau Brain Gym yang diberikan terhadap konsentrasi belajar para siswa dalam menerima informasi atau pelajaran. Jenis penelitian PTK, Penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini melakukan pretest dan posttest terhadap subjek penelitian atau dengan metode one group pretest posttes.. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan konsentrasi siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan dengan metode senam otak. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t sebesar t-test = 15,587 dengan nilai p = 0,000 atau (p < 0,01). Hal ini dapat diartikan bahwa ada perbedaan nilai pretest dan postest yang ditunjukkan dari rerata (mean) untuk pretest sebesar 123,4 dan postest nilai rerata sebesar 153,4 sehingga nilai perbedaan rerata (mean defference) dari kedua kelompok tersebut sebesar 30. Berdasarkan hasil tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan dengan metode senam otak atau brain gym dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa.

Keywords

Konsentrasi Belajar, Brain Gym.

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Azwar. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Buzan Tony. 2005. Buku Pintar Mind Map Untuk Anak. Jakarta: Gramedia

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah serta Contohnya. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan Adi. 2004. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Jensen. 2007. Rahasia Otak Cemerlang Rangkaian Aktivitas Ringan Untuk Melatih Kinerja Otak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Jensen. 2008. Brain-Based Learning Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak Cara Baru Dalam Pengajaran Dan Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Nasution. 1982. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nichol. 2003. Accelerated Learning For the 21st Century Cara Belajar Cepat Abad XIXII. Jakarta: Nuansa

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung: Rizku Press

Syaodih Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tim Pengembangan Program Penataran Bimbingan dan Konseling. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

DOI : https://doi.org//157