Pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi bimbingan dan konseling IKIP-PGRI Pontianak tahun akademik 2014/2015

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, dengan populasi 150 mahasiswa/i Prodi Bimbingan dan Konseling semester III tahun akademik 2014/2015. Populasi dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen (mahasiswa yang tingkat pendidikan orang tuanya SMA/S1) berjumlah 30 orang, dan kelompok kontrol (mahasiswa yang tingkat pendidikan orang tuanya SD) berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi bimbingan dan konseling IKIP PGRI Pontianak. Ini ditunjukan dengan harga “t” hitung (0,487) lebih kecil dari pada harga “t” kritik, baik pada taraf signifikansi 5% (2,01) maupun pada signifikansi 1% (2,68). Jadi dapat disimpulkan bahwa antara mahasiswa yang tingkat pendidikan orang tuanya SMA dengan mahasiswa yang tingkat pendidikan orang tuanya SD tidak terdapat perbedaan dalam prestasi belajarnya.

Keywords

Tingkat pendidikan, prestasi belajar

References

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (1991). Psikologi Belajar. Solo: PT. Rineka Cipta.
  2. Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  3. Azra, Azyurmadi. 1999. Esai-esai Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
  4. Bahri Djamarah, Syaiful. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
  5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  6. DEPDIKNAS. 2003. UURI No 20 Th 2003 Tentang SISDIKNAS. Jakarta: 2003
  7. Eko Susilo, Madyo, R.B, Kasihadi. 1990. Dasar-dasar Pendidikan. Semarang: Effhar Publishing.
  8. Enoch, M. Yusuf. 1995. Administrasi dan Supurvisi Pendidikan. Jakarta: IKIP
  9. Hasbullah. 1999. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  10. Himpunan Peraturan Perundang-undangan Tentang Guru dan Dosen. 2006. Bandung: Fokusmedia
  11. Idris, Zahara. 1995. Pendidikan dan Keluarga. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
  12. Purwanto, M. Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  13. Sabri, H.M. Alisuf, Psikologi Pendidikan, Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya, 1996
  14. Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo
  16. Wirawan Sarwono, Sarlito. 2000. Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.

DOI : https://doi.org//187