Proceedings

Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Jambore Konseling 3

Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Jambore Konseling 3

  • Ifdil, S.HI., S.Pd., M.Pd., Kons.
  • Itsar Bolo Rangka, M.Pd., Kons.
  • Sofwan Adiputra, M.Pd., Kons.
978-602-61261-0-8

Pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling didasari oleh fenomena-fenomena dewasa ini. Beberapa kasus hukum yang kini kerap menjadi permasalahan para guru, khususnya guru Bimbingan dan Konseling di sekolah atau Konselor di awal tahun 2017 ini menjadi dasar bagi para pelaku pendidikan/guru bimbingan dan konseling/konselor/akademisi/mahasiswa untuk dapat segera menindaklanjuti dan berbenah diri mencari tahu akar penyebab permasalahan yang terjadi. Umumnya dikarenakan pemahaman terhadap prosedur pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah dan juga msayarakat belum terlaksana secara optimal, efektif, dan efisien, sehingga citra BK sebagai mitra bagi indvidu baik di setting sekolah maupun luar sekolah belum tampak secara utuh dan nyata kebermaknaan dan kebermanfaatannya

Upaya-upaya mengembalikan citra dan wibawa guru menjadi isu utama agar pendidikan melalui jendela Bimbingan dan Konseling sebagai basis pelayanan bagi siswa di sekolah mampu memulihkan kembali citra tersebut menjadi lebih baik. Berkenaan dengan hal tersebut, maka guru bimbingan dan konseling/konselor maupun calon mahasiswa bimbingan konseling mutlak harus selalu terus mengupgrade keilmuannya terurtama untuk keterampilannya dalam merancang, mengasessment, melaksanakan, dan mengevaluasi serta memberikan tindak lanjut atas apa yang menjadi peran dan tanggung jawabnya sebagai seorang pelaksana tugas di lapangan.

Upaya ini dilakukan salah satunya dengan menyelenggarakan Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling denga tema“Konseling Menyeluruh serta Kinerja Konselor Bermasyarakat dan Bermartabat”. Seminar yang dilaksanakan pada tanggal 16 s.d 18 Maret 2017, oleh Ikatan Konselor Indonesia (IKI) bekerjasama dengan IKIP PGRI Pontianak. Dengan Pembicara utama sebagai berikut:


Prof. Dr. Samion HAR, M.Pd. (Rektor IKIP PGRI Pontianak)

Prof. Dr. Prayitno, M.Sc.,Ed. (Dewan Pembina Ikatan Konselor Indonesia)

Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd.,Kons. (Ketua Umum PB ABKIN)

Prof. Dr. Mudjiran, MS.,Kons. (Ketua Umum Ikatan Konselor Indonesia)

Prof. Sri Milfayetty, M.Pd., Kons. (Guru Besar BK Universitas Negeri Medan)


Ucapan terimakasih disampaikan kepada para pembicara, baik pembicara utama maupun pembicara pada sesi paralel dan hadirin yang terlibat dalam kegiatan seminar. Semoga Prosiding seminar ini berguna bagi pengembangan keilmuan, teknologi dan praktik dan pelayanan konseling pada semua jenjang dan jalur pendidikan serta masyarakat luas, demi berlangsungnya pelayanan konseling profesional dan bermatabat. Aamiin ya rabbal 'alamin.



Editor

Papers

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Self-esteem muslimah berbusana cadar dalam tinjauan psiko-ideologis

DOI: https://doi.org//198

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Teknik self-control untuk mengatasi masalah obesitas

DOI: https://doi.org//209

-

-

Total : 27 articles