Membentuk karakteristik sejak dini melalui komunikasi yang efektif antara orang tua dan guru pembimbing di sekolah

Abstract

Anak terlahir ibarat kertas putih yang bersih. Anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan lingkungannya. Peran orang dewasa disekitarnya akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakteristik anak tersebut. Apabila anak dibesarkan di lingkungan yang berkarakter, maka anak dapat berkembang secara optimal begitu juga sebaliknya. Pendidikan karakter di Indonesia sudah lama menjadi pembicaraan diberbagai media dan sudah banyak diteliti, namun kenyataan yang ada masih banyak yang belum sesuai dengan harapan. Pembentukan karakter tidak bisa dilakukan secara instan melainkan butuh waktu yang cukup lama. Masa anak-anak adalah masa yang tepat untuk memulai membentuk sebuah karakter anak. Oleh karena itu untuk membentuk karakteristik anak yang optimal diperlukan kerjasama antara orang tua dan guru dalam membimbing tentunya melalui komunikasi yang efektif. Dengan komunikasi yang efektif akan mempermudah pembentukan karakteristik anak sejak dini.

Keywords

Karakteristik, komunikasi yang efektif.

References

Deddy Mulyana. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar: Remaja Rosdakarya. Bandung.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga (sebuah perspektif pendidikan islam): PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Hariwijaya M. (2010), Panduan Mendidik dan Membentuk Watak Anak: Luna Publisher. Yogyakarta.

Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter (konsepsi dan implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi dan masyarakat): Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Wibowo Agus. (2012). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

DOI : https://doi.org//197