Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi dalam mengatasi permasalahan dalam bimbangan konseling (BK) di sekolah dengan mempergunakan layanan konseling berbasis ICT. Manfaat bimbingan konseling berbasis ICT antara lain: 1) layanan ini tidak terikat dengan waktu dan ruang, 2) dapat memberikan bantuan konseling sedini mungkin, 3) mudah mengadakan bimbingan kelompok, 4) memudahkan orang tua/wali murid, masyarakat, dan guru mata pelajaran untuk berintegrasi dengan guru bimbingan konseling. Kendala yang dihadapi dalam menerapkan model layanan ini adalah: 1) biaya yang relatif mahal untuk mengadakan sarana dan prasarana yang digunakan (software dan hardware), dan 2) tidak semua sekolah memiliki jaringan internet yang memadai. Solusi yang dapat dillakukan adalah: 1) mensosialisasikan manfaat bimbingan konseling di lingkungan sekolah dan masyarakat, 2) lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) BK selayaknya menyediakan software layanan BK berbasis ICT yang berstandar, dan 3) menyediakan program tertentu untuk kepelatihan bagi tenaga dan calon tenaga bimbingan konseling sehingga mereka memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan bimbingan konseling berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan wawancara sederhana.
permasalahan BK, BK berbasis ICT
DOI : https://doi.org//211