Proceedings

Seminar Konseling  2017

Seminar Konseling 2017

  • Prof. Dr. Herman Nirwana, M.Pd., Kons
  • Dr. Marjohan, M.Pd. Kons.
  • Dr. Syahniar M.Pd., Kons
  • Dr. Afdal, M.Pd. Kons.
  • Ifdil, S.HI., S.Pd., M.Pd., Kons.
  • Zadrian Ardi, M.Pd., Kons.
978-602-73537-6-3
N/A

Perjalanan jurusan BK FIP UNP dalam mencetak konselor profesional di tanah air memiliki sejarah yang cukup panjang. Sejak berdiri pada tahun 1967 jurusan BK FIP UNP sampai sekarang telah memiliki alumni yang sudah bekerja pada berbagai bidang, tidak hanya pada sektor pendidikan semata akan tetapi juga masuk pada sektor perbankan, birokrasi pemerintahan, industri, TNI dan POLRI serta berbagai sektor lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa para alumni tersebut sudah mampu bersaing dengan lulusan program studi lain serta menunjukkan eksistensi jurusan BK FIP UNP dalam membantu pencapaian tujuan pendidikan tinggi menuju Indonesia Emas 2045.

Eksistensi keberadaan jurusan BK FIP UNP dalam membantu pencapaian tujuan pendidikan tinggi di Indonesia juga akan dipengaruhi oleh semakin kuatnya arus globalisasi, yang ditandai dengan munculnya Masyarakat Ekonomi Asean bahkan Asea, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi, akulturasi budaya dan perubahan-perubahan lainnya yang menuntut jurusan BK FIP UNP beserta seluruh komponen di dalamnya berbenah dalam berbagai hal. Komponen yang dimaksud tidak hanya dosen dan mahasiswa yang masih aktif saja, akan tetapi juga masuk di dalamnya para alumni dan stakeholder jurusan BK FIP UNP. Untuk itu, perlu diadakannya kegiatan temu alumni jurusan BK FIP UNP untuk bersama- sama memperat silaturahmi hingga pada akhirnya mampu menjawab tantangan globalisasi untuk menjadi konselor yang lebih profesional.

Seminar Konseling 2017 ini bertemakan: Profesi Konseling Menuju Masyarakat Ekonomi Asean. Tema ini dikembangkan menjadi sejumlah artikel baik yang  disajikan  pada  Sesi  Utama  maupun  Sesi  Paralel.  Materi  seluruh  naskah mengacu kepada tema tersebut baik dalam pembahasan yang lebih luas ataupun yang lebih khusus, seperti Counseling for all setting, assesment in counseling, school counseling,  counseling for violence, addition counseling, multicultural counseling, crisis intervention, trauma counseling, ITC counseling, counseling career, spiritual counseling,   supervision in counseling, marriage and family counseling, and counseling and psychotherapy di berb

Papers

-

-

Evaluasi dalam Bimbingan dan Konseling

DOI: https://doi.org//213

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Total : 18 articles