Bimbingan dan Konseling Berorientasi “Khalifah Fil Ardh”

Abstract

Bimbingan dan konseling berorientasi Khalifah Fil Ardh (BK KFA) dibangun berdasarkan tujuan pendidikan dan konsep ajaran agama Islam yang mengatakan bahwa Allah menciptakan manusia sebagai pemimpin untuk memelihara dan mengelola alam semesta sehingga tidak menimbulkan kerusakan di bumi ini. Pencapaian tujuan pendidikan sesuai dengan visi dan misi sekolah, memerlukan kurikulum, personalia, isi/materi layanan, fasilitas, prosedur pelaksanaan, kerjasama GBK/Konselor dengan Staf Sekolah Terkait (SST), evaluasi pelayanan BK, kriteria keberhasilan, dan dukungan sistem. BK KFA ini penting karena setiap manusia adalah pemimpin yang masing-masing akan diminta tanggung jawab kepemimpinannya, dan manusia sebagai hamba Allah senantiasa berupaya meraih kesempurnaan insani dengan mendekatkan diri kepada Allah Swt. untuk mendapatkan ridhoNya. Dengan ridho Allah manusia akan memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Oleh karena itu, tujuan pendidikan dan juga tujuan BK di sekolah diarahkan pada mendidik dan membimbing siswa dalam mengembangkan perilaku KFA.

Keywords

Bimbingan dan Konseling, Berorientasi Khalifah fil Ardh

References

Al-Qur’an dan terjemahannya.

Gibson, R.L., Mitchell, M.H. 2011. Bimbingan dan Konseling. Alih bahasa Yudi Santoso.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gibson, R.L., Mitchell, M.H. 1995. Introduction to Counseling and Guidance. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Neviyarni S. 2009. Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berorientasi Kalifah fil Ardh.

Bandung: Alfabeta.

Sarkawi, A. A., Rashid, K. A., Aripin, S., Hassan, S. F., Naadia, P. N., Fauzi, A., & Senam, M. R. 2016. Identification of Islamic leadership principles and their applicability in construction project management.

Shah, S. (2006). Educational leadership: an Islamic perspective. British Educational Research

Journal, 32(3), 363-385.

SK Mendikbud 143 tahun 2014 tentang Tugas Pengawas Sekolah.

DOI : https://doi.org//221