Penelitian ini bernama Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam Bimbingan dan Konseling (BK) lebih dikenal dengan nama Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian ini dilakukan karena banyak ditemui siswa yang sering terlambat datang ke sekolah. Oleh sebab itu guru BK mencoba mengurangi keterlambatan ini dengan melakukan layanan Bimbingan Kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku terlambat siswa datang ke sekolah kelas XII C 1 SMK Negeri 2 Padang melalui layanan bimbingan kelompok. Manfaat dari penelitian ini agar siswa yang terlambat dapat berkurang atau bahkan sampai tidak ada lagi siswa yang terlambat datang ke sekolah setiap harinya. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari subjek yang diteliti, yakni siswa kelas XII C 1. Peneliti sebagai instrumen utama sekaligus sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanan tindakan layanan dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yakni: (a) perencanaan; (b) pelaksanaan; (3) observasi; (4) refleksi. Pada siklus pertama peneliti melaksanakan bimbingan kelompok sesuai dengan tahapan pada umumnya. Pada siklus II peneliti menggunakan video sebagai medianya dan pembahasan topik ditujukan kepada akibat yang ditimbulkan serta upaya untuk tidak terlambat ke sekolah. Terjadi pengurangan siswa yang terlambat datang ke sekolah dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Dari hasil penelitian disarankan kepada guru BK hendaknya mendata dan memantau siswa yang terlambat datang ke sekolah, karena masih ada guru BK yang bersikap acuh dengan ketidakdisiplinan siswa tersebut.
keterlambatan siswa, layanan bimbingan kelompok
DOI : https://doi.org//222